Rabu, 23 November 2011

pertanyaan melamar kerja

 
Saya melamar kerja di perusahaan Pertamina sebagai seorang staff akuntan dan melakukan tes wawancara pada perusahaan ini. Adapun beberapa pertanyaan yang diajukan antara lain:
1.   Dapatkah anda bercerita sedikit tentang diri anda?
     Saya adalah alumni Politeknik Negeri Ujung Pandang Jurusan Akuntansi Manajerial (D4). Saya memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik dan kemampuan antarpersonal yang tidak hanya saya peroleh di aktivitas akademik melainkan juga saya peroleh dari aktivitas ekstrakulikuler yang menjadi penunjang. Keunggulan saya adalah kemampuan organisasi dan tipe orang pekerja keras. Ketika saya menginginkan sesuatu, maka sebisa mungkin saya akan melakukan yang terbaik untuk dapat mencapainya. Namun saya tidak terlalu memperhatikan hasil, tetapi lebih memfokuskan pada cara atau usaha terbaik yang telah saya lakukan untuk mencapai keinginan tersebut.

2.   Apa tujuan dan sasaran jangka panjang dan jangka pendek anda?
Tujuan dan sasaran saya untuk jangka panjang yaitu menjadi orang yang sukses tidak hanya dunia, tetapi juga akhirat. Tujuan jangka panjang akan berpengaruh pada perjalanan karir yang ada di perusahaan ini. Singkatnya, saya ingin berkembang secara pasti dalam sebuah perusahaan. Sedangkan untuk jangka pendek, Saat ini saya mencari sebuah posisi dalam sebuah perusahaan dengan catatan prestasi yang solid, menjadi pribadi yang memiliki integritas dan loyalitas yang tinggi pada tempat saya kerja, memberikan kontribusi kepada perusahaan serta berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

3.   Ceritakan mengenai pengalaman kerja anda?
Saya belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya

4.   Karena anda belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya, maka dapatkah anda menceritakan mengenai aktivitas ekstra kurikuler selama studi?
Selama studi saya mengikuti beberapa aktivitas ekstrakurikuler antara lain: menjadi salah satu anggota di Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMA) dan Remaja Masjid. Selain itu, saya juga pernah mengikuti training yang mewakili sekolah saya.

5.   Pekerjaan manakah yang paling menantang bagi anda, mohon dijelaskan?
Pekerjaan yang baru pertama kalinya saya lakukan dan beban yang dipercayakan kepada saya sangat berat karena memiliki tanggung jawab yang besar.

6.   Dengan kolega macam apakah anda senang bekerja sama?
Dengan kolega yang memiliki semangat kerja yang tinggi dan dapat mengontrol emosinya serta memiliki tingkat kreativitas dan keinginan untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda tetapi masih dalam batas yang wajar.

7.   Dengan boss macam apakah anda senang bekerja?
Dengan boss yang dapat bersikap bijak dalam hal apapun, berani mengambil keputusan, memegang teguh setiap prinsip-prinsipnya, percaya pada kemampuan karyawannya, mampu mendengarkan dan menghargai setiap pendapat yang disampaikan, dapat menjalin komunikasi yang baik kepada setiap karyawannya, menghargai setiap karyawannya dan memberikan motivasi yang besar kepada karyawannya agar dapat memaksimalkan setiap hasil yang ingin dicapai bersama.

8.   Bagaimanakah anda memperlakuan anak buah anda?
Mendengarkan saran dan menghargai setiap pendapat yang diberikan serta mampu bersikap bijak dan tegas.

9.   Mengapa anda ingin bekerja di perusahaan ini?
Saya telah melakukan riset dan memilih perusahaan-perusahaan yang paling membuat saya tertarik dan perusahaan anda berada di puncak daftar yang saya buat. Saya melakukan beberapa riset berdasarkan reputasi perusahaan tersebut di masyarakat, realibilitas produk, dan stabilitas industri. Demikian juga bagaimana pandangan karyawan mereka terhadap pekerjaan yang dilakukan di perusahaan itu. Saya melakukan suatu pekerjaan  dengan memberikan sesuatu yang terbaik ketika tujuan yang ingin saya capai dan nilai-nilai saya selaras dengan tujuan dan nilai-nilai dari perusahaan itu. Saya mampu menyesuaikan diri dengan budaya kerja perusahaan dan memiliki banyak kontribusi sebab saya memiliki banyak bekal termasuk softskill.

10.  Apa keunggulan Anda?
Keunggulan saya adalah memiliki bekal yang besar dari kemampuan akademik yang dapat diaplikasikan serta softskill yang menjadi penunjang. Perpaduan antara keahlian teknis dan kemampuan untuk bekerja dengan berbagai kalangan. Kemampuan organisasi dan tipe orang pekerja keras adalah kepribadian yang saya miliki. Ketika saya menginginkan sesuatu, maka sebisa mungkin saya akan melakukan yang terbaik untuk dapat mencapainya. Namun saya tidak terlalu memperhatikan hasil, tetapi lebih memfokuskan pada cara atau usaha terbaik yang telah saya lakukan untuk mencapai keinginan tersebut. Saya mampu membagi masalah-masalah kompleks menjadi konsep dengan bahasa yang sederhana dan dapat dimengerti oleh rekan kerja maupun atasan saya.

11.  Apa kelemahan terbesar Anda?
Kelemahan bukan sesuatu yang saya risaukan. Kelemahan saya akan saya ubah menjadi suatu motivator agar kelemahan tersebut dapat diminimalkan dan bahkan justru menjadi keunggulan. Saya dapat meningkatkan kesabaran saya di saat bekerja dengan orang-orang yang tidak memiliki kesamaan langkah dengan saya. Yang saya lakukan sekarang adalah dengan cara membantu rekan-rekan kerja yang memiliki masalah tersendiri. Saya justru berusaha agar bergerak lebih maju dibanding menjadi seseorang yang frustasi dan akhirnya tidak dapat melakukan apa-apa.

12.  Kapan Anda pernah merasa sangat termotivasi?
Ketika saya memperoleh sesuatu yang sangat diinginkan oleh orang tua saya dan melihat reaksi mereka atas apa yang saya peroleh, membuat saya lebih termotivasi untuk memperoleh lebih dari yang saya peroleh kemarin.


13.  Apakah Anda pernah dipecat?
Karena saya belum memiliki pengalaman kerja sehingga saya pun belum merasakan dipecat. Namun seandainya saya dipecat, saya akan berusaha agar alas an saya dipecat pada perusahaan yang sebelumnya tidak terulang lagi di tempat saya bekerja nanti serta menjadikannya sebagai motivasi agar melakukan hal yang terbaik untuk perusahaan selnjutnya.

14.  Bagaimanakah atasan Anda sekarang akan memberikan gambaran tentang kinerja Anda?
Atasan saya dapat langsung memberitahu kepada saya mengenai gambaran kinerja saya agar jika kinerja saya menurun, saya dapat meminta saran dan solusi terbaik kepada atasan saya.

15.  Coba Anda gambarkan gaya kepemimpinan Anda?
Mampu bersikap bijak, memberikan motivasi kepada orang lain (rekan kerja), menghargai pendapat dan saran dari berbagai pihak, mengenali karakteristik setiap rekan kerja, serta mampu berbaur dan terbuka kepadasetiap rekan kerja.

16.  Bagi Anda hal apakah yang terpenting dalam suatu pekerjaan/ perusahaan?
Hal yang terpenting dalam suatu pekerjaan/perusahaan adalah menjalin hubungan yang baik kepada siapapun baik atasan maupun karyawan-karyawan, serta memiliki rasa percaya satu sama lain.

17.  Apakah anda dapat bekerja di bawah tekanan?
Iya, saya akan berusaha untuk dapat mengatasi tekanan yang diberikan kepada saya dengan cara saya sendiri sehingga membrikan motivasi kepada saya dalam melakukan hal yang terbaik guna mencapai tujuan yang ditetapkan.

18.  Apakah anda sudah punya pacar? Apakah berniat menikah dalam waktu dekat?
Konsentrasi pada apa yang sedang saya guluti/capai adalah menjadi prioritas utama saya sehingga saya masih belum memikirkan untuk menikah dalam waktu dekat.


19.  Mengapa kami harus menerima Anda?
Jika Anda bandingkan antara kualifikasi yang saya miliki dengan persyaratan yang Anda butuhkan, anda akan lihat bahwa saya orang yang sangat cocok untuk menduduki posisi tersebut. Anda sedang mencari seseorang yang memiliki keahlian yang saya miliki, memiliki keahlian menulis yang sangat baik, serta kemampuan untuk bekerja dengan beragam orang dari semua lapisan dan kemauan untuk dapat bekerja keras.


20.  Berapa gaji yang Anda minta untuk posisi ini?
Saya membutuhkan beberapa informasi lebih lanjut mengenai pekerjaan ini serta tunjangan dan bonus yang diberikan oleh saya sebelum menyatakannya dalam angka. Setelah memperoleh informasi-informasi yang saya butuhkan barulah saya bisa menetapkannya dalam angka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar